Saturday 7 June 2014

Cumi tinta

cumi tinta
Resep berbahan dasar si cumi ini dari mertuaku. Cara masaknya simple ngga pake ribet. Di jamin rasanya masuk kategori maknyusnya Pak Bondan. Tapi ada syaratnya, si cumi mesti yang segar dan mengerti cara membersihkannya. 

Bagi yang belum paham bagaimana mengetahui cumi itu segar dan tidaknya. berikut tipsnya: secara umum warnanya ke abu-abuan, daging putih, kenyal, padat, kencang, lembut. Matanya masih segar, kulit arinya belum rusak atau mengelupas, tintanya masih utuh.

Cara membersihkannya, tarik atau cabut tulang halus yang ada di dalam badannya, bersihkan kotoran yang ada di dalam badannya (biasanya isinya ikan teri yang kecil-kecil). Kotoran itu harus di buang kalau tidak akan mempengaruhi rasanya. Setelah di bersihkan kemudian di beri perasan air jeruk nipis, dan biarkan 10 menit. Kemudian buang airnya lalu bilas. Tapi ingat jangan membuang tinta si cumi. Wah kalau sampai kebuang, namanya bukan cumi tinta lagi. 

Well, bila sudah pada tahap mengenal cumi yang segar dan membersihkannya, kali ini bumbu yang di gunakan untuk cumi 8 ekor ukuran sedang adalah:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 cabai hijau keriting
1 ruas jahe
1/2 ruas kunyit
1 ruas laos
1 serai
5 helai daun salam
garam secukupnya
minyak goreng untuk menumis
1 sendok makan mentega

Cara memasak:
Tumis bumbu. Bawang merah, putih, cabai, dan semuanya. Lalu masukkan cumi, aduk kemudia tutup, biarkan 5 menit. Tambahkan mentega, aduk dan biarkan terbuka tanpa tutup dengan api kecil hingga matang.

Simple bukan? coba deh

No comments:

Post a Comment